Kamis, 25 Juni 2009

Algoritma Pengentasan Kemiskinan

Algoritma adalah salah satu disiplin ilmu komputer yang berorientasi pada proses pemecahan masalah yang terukur, terencana, sistematis dan bertahap. Ilmu ini merupakan ilmu wajib bagi seorang programmer untuk membuat suatu program aplikasi komputer. Mengingat sifatnya yang harus memiliki dasar logika yang jelas dan tegas, algoritma kemudian dikelompokkan kedalam rumpun ilmu pasti.

Dalam pandangan saya, algoritma sebenarnya sangat dapat diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari terutama untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial dimasyarakat. Memang harus diakui, permasalahan sosial terkadang tidak memiliki acuan standar pasti karena pembahasan tentang lingkup manusia sangat beragam dan dinamis sehingga sulit menentukan indikator pengukurnya. Sebagai contoh, sebut saja tentang fenomena kemiskinan.

Kemiskinan itu sendiri sebenarnya tidak memiliki standar yang pasti serta indikator yang tepat dalam mengukurnya. Namun jika negara telah menetapkan konsesus pasti tentang batas-batas tentang kemiskinan, disinilah ilmu algoritma dapat mengisi dan mengambil peran untuk membantu mengatasinya.

Untuk menggunakan algoritma, batas-batas tentang kemiskinan harus dapat ditentukan, sehingga variabel-variabel yang diperlukan dapat dimasukkan. Dengan adanya varibel-variabel pendukungnya kita dapat membuat langkah-langkah penyelesaian secara konkrit dan bertahap sehingga penyelesaiannya menjadi tepat sasaran.

Kesimpulannya adalah, pemerintah harus menetapkan batasan tegas tentang apa itu miskin dan kemiskinan dan harus sepakat mengambil keputusan dari hasil akhir yang dikeluarkan algoritma yang bersifat konkrit sehingga program pengentasan kemiskinan tidak terus-menerus mengambang seperti yang kita lihat sampai saat ini.

Algoritma hanyalah salah satu ilmu yang dapat dipergunakan bukan berarti satu-satunya namun, tidak seharusnya kita menerapkan standar ganda dalam program pengentasan kemiskinan yang memang sangat diharapkan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar