Kamis, 06 Desember 2007

Kaleidoskop 2007

Kemaren kepikiran merombak ulang seluruh postingan yang pernah aku buat diblog ini. Akhirnya aku fikir mendingan buat kaleidoskop perjalananku selama satu tahun aja dulu. Sekalian flash back n koreksi.


Januari 2007
Aku terlibat menjadi relawan gempa bumi dan tanah longsor di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Aku ikut ambil bagian dengan Komunitas MAPALA dari Kabupaten Labuhanbatu. (Hihihi... aku peserta tertua nih. Biar dikirain masih mahasiswa gabung lewat MAPALA).

Ungkapan Bela Sungkawa pada Sekda Madina


Februari 2007

Aku melakukan perjalanan penuh cinta (maklum valentine day) menembus belantara rimba bukit barisan di Kabupaten Labuhanbatu. Sayangnya hutan yang ku jelajahi sudah menjadi hutan karet dan hutan sawit.

Sial!
Peta topografi yang kupegang ternyata sudah harus d
ikoreksi ulang. Jangan berharap digugusan bukit barisan area Kabupaten Labuhanbatu ini mendapatkan hutan alami. Semua sudah HANCUR.

Maret 2007

15 Maret 2007 aku berulang tahun. Makin dewasa, dan yang paling sedih makin tua tapi belum juga berumah tangga. Ulang tahunku dirayakan secara sederhana dengan mengundang teman-teman pencinta alam disebuah sungai yang biasa dijadikan sebagai tempat latihan arung jeram.


Seminggu setelah ulang tahun, aku bersama anak-anak dari AMSTIPALA Rantauprapat dan KOMPAS-USU Medan melakukan perjalanan ke gunung Sibayak di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara. Perjalanan kali ini punya kesan tersendiri bagiku karena ini adalah gunung pertama yang aku daki sewaktu masih berstatus mahasiswa sepuluh tahun lalu.

April 2007

My Next Adventure. Kali aku dan kawan-kawan MAPALA menyusuri belantara rimba bukit barisan yang terbentang disekitar wilayah Kabupaten Labuhanbatu sampai Kabupaten Tapanuli Selatan.

Mei 2007

No comment ah, terlalu privasi.

Juni 2007

Sama nih, terlalu privasi.

Juli 2007

Privasi.

Agustus 2007

Saat menjelang azan subuh tanggal 31 Agustus 2007 adalah hari yang tak dapat aku lupakan. Papa dipanggil yang Maha Kuasa. Kesedihanku tak dapat kutahan. Bagiku Papa adalah sosok Ayah sekaligus Guru kehidupanku. Aku benar-benar kehilangan. I Miss U Dad.



September 2007

Aku ditugaskan ke Bagian Keuangan pada Sekretariat Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka penyusunan P-APBD 2007 dan APBD Tahun Anggaran 2008. Berhubung bulan Ramadhan, kesibukanku semakin bertambah sehingga tidak ada aktivitas petualanganku pada bulan ini.


Oktober 2007

Lebaran udah berlalu tanggal 13 Oktober 2007 kemarin. Suasana kemeriahan dan kegembiraan tak mampu aku tangkap bahkan sampai hari ini. Entahlah, aku merasa begitu bosan dan kesepian. Untunglah tadi malam aku sedikit terhibur sewaktu membawakan mata kuliah Logika dan Algoritma Pemrograman untuk anak TI kelas malam di AMIK STIEKOM Sumatera Utara. Suasana diskusi yang kental dengan pemikiran cerdas dan kritis anak muda yang sarat dengan pola idealisme dan intelektualisme sedikitnya mampu menyadarkanku bahwa aku hidup tak sendirian.

Nopember 2007

Dalam rangka hari Pahlawan pada tanggal 10 Nopember, kawan-kawan pencinta alam mengadakan acara Napak Tilas ke wilayah Bukit Barisan area Bukit Torpis di Kabupaten Labuhanbatu. Perjalanan ini sedikit banyaknya mampu menggugahku dan memotivasi kembali diriku akan makna dan arti sebuah perjuangan.


Desember 2007

Tanggal 22 s/d 25 Desember 2007 aku direkrut oleh MAPALA dari STIEKOM Sumatera Utara Kampus 2 Rantauprapat untuk jadi instruktur dalam kegiatan DIKSAR masalah Navigasi Darat.


Ada rasa sedih melihat aktifitas illegal logging masih terus terjadi tanpa pernah ada kepedulian dari pemerintah untuk menyelesaikan secara tegas dan tuntas.





Segitu dulu ya catatan perjalanan hidup di Tahun 2007.

52 komentar:

  1. selamat malam pakde....
    saya sangat puas melihat blog anda pak.karna semua bisa memberikan inspirasiuntuk saya.jadi sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  2. malam pak...
    komentar saya tentang blog anda membuat saya ingin masuk menjadi anggota pencinta lingkungan karna dalam diri saya ada 35% perduli terhadap lingkuangan.lebih-lebih apabila berada di hutan.
    namun apa daya waktu yang membuat saya tidak bisa menjadi anggota.
    atas terinspirasinya saya dengan blog bapak yang mencintai alam semoga menjadi pegangan untuk maju.
    terima kasih...

    BalasHapus
  3. Anonim5/28/2009

    malam pak...
    hanya sedikit komentar,bahwa blog bapak memotivasi saya untuk lebih mencintai alam.
    thank's ya pak!!!!!

    BalasHapus
  4. Dedy Moerizal.....!
    Mugkin blog ini, sudah sekian kalinya ku buka...
    tiap ke warnet..pasti ku buka...
    dengan harapan ada yg baru tentang Bapak...!
    Nama itu yang selalu menginspirasi saya untuk sllu hidup displin...
    sllu bersikap tegas dalam mengambil keputusan...hrus dgn logika...tepat...cepat...jelas...!
    Dan yang paling menonjol dalam diri yang patut di jadikan teladan yaitu...PECINTA ALAM...!
    Suka menghadapi tantangan...suka berkarya...menciptakan yang baru dalam pendidikan.
    Pak...! kisah hidup Bpk penuh dengan warna-warna yang trang y...
    Semuanya tentang bapak sllu dingat oleh mahasiswa/i dan jga orang2 yang mengenal bapak...
    kacian jg ya orang yang tidak mengenal bapak...kacian dech lo...2009X!
    tpi jangn patah semangat buka aja blognya dech...!
    pasti puas...
    n seru...!
    tetap semangat y Pak..n tetap ksi perhatian ma lokal kami ya pak...spya kami tetap maju sperti Bapak...!
    SELAMAT BERJUANG....!

    BalasHapus
  5. Halo Pak!!! ni Sandra Adil Siregar dari kls TIK 08-08 D3.

    BalasHapus
  6. selamat sore pakde...
    Ni ikmal komentar saya tentang blog bapak saya sangat puas melihatnya membuat saya ingin masuk jadi angggota AMSTIPALA.

    BalasHapus
  7. saya marwanda pratama
    dari kls TI 08-08

    BalasHapus
  8. BY Marwanda Pratama.

    BalasHapus
  9. Malam pak....
    setelah saya membaca isi dari blog bapak saya sadar bahwa betapa pentingnya mencintai alam bagi manusia untuk kelangsungan hidupnya sendiri,kadang manusia tidak sadar akan perbuatannya sendiri,tak ingat rezeki nanti kepada anak cucu mereka....
    saya merasa puas apa yang sudah bapak perbuat tentang mencintai alam selama ini.....

    BalasHapus
  10. Blog! bagi saya tidak begitu penting, sebab selain saya tidak tahu menggunakannya saya juga tidak tahu fungsinya.
    But...
    Ketika saya memasuki dunia campus,saya baru mengerti indahnya blog.
    Buat saya, blog yang bapak susun sangat menarik perhatian, terutama dalam menyayangi dan melindungi alam.
    sedikit comen saya tentang isi blog yang sudah bapak susun. yaitu "Selain memberikan pengetahuan
    tentang alam bebas & pengalaman yang bapak alami, hendaknya bapak menanamkan sifat bijaksana dan daya tarik yang luar biasa agar kita-kita sadar betapa pentingnya alam untuk kehidupan yang akan datang.
    Saya juga pernah menggoreskan kata-kata lewat sebuah HP, yang tujuannya saya ingin mengajak teman-teman tuk peduli terhadap lingkungan. Kalau boleh saya ingin lampirkan lewat comen ini, sebelumnya saya mohon maaf.

    ALAMKU
    Gemerisik suara terdengar dari tiap penjuru,
    Udara yang panas berhembus kemana ia ingin,
    Meniup semua lorong-lorong.
    Semua manusia tak ada yang peduli apa yang ada di sekitarnya,
    Semakin hari..,
    Semakin panas,
    semakin penat,
    Semkin tak ada yang peduli dengannya....?!!
    Betapa sedih,
    Betapa kotornya,
    betapa sengsaranya ALAMKU!
    Akankah kita semua terus membiarkannya....???
    Hanya segelintir manusia yang ikhlas,
    Berbuat untuknya.
    Menjaganya,
    Membersihkannya,
    Merawatnya.
    Dimana hati dan pikiran kita...??
    Jangan sampai ALAM membalas apa yang sudah kita perbuat kepadanya.

    " Desember 2008"
    lika sandy

    BalasHapus
  11. Anonim5/30/2009

    lestari
    menarik juga tentang blog bapak peduli terhadap lingkungan'
    lumayan sulit juga ya pak tugas nya kalau tidak mengerti.tapi mudah-mudahan saya tidak akan menyerah sampai disi saja.
    saya ucapkan terikasih juga kepada bapak karena dengan adanya tugas dari bapak saya sudah memiliki email,blog,dan yang lagi hangat nya sekarang ini di dunia internet yaitu facebook.
    mudah-mudahan semu ini ada mamfaat nya bagi saya dan tidak cuma tahu tapi juga dapat menggunakan nya
    nama bayu dadang
    email :bayudadang@yahoo.co.id
    blog :http://bayudadang.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Anonim5/30/2009

    lestari
    menarik juga tentang blog bapak peduli terhadap lingkungan'
    lumayan sulit juga ya pak tugas nya kalau tidak mengerti.tapi mudah-mudahan saya tidak akan menyerah sampai disi saja.
    saya ucapkan terikasih juga kepada bapak karena dengan adanya tugas dari bapak saya sudah memiliki email,blog,dan yang lagi hangat nya sekarang ini di dunia internet yaitu facebook.
    mudah-mudahan semu ini ada mamfaat nya bagi saya dan tidak cuma tahu tapi juga dapat menggunakan nya
    nama bayu dadang
    email :bayudadang@yahoo.co.id
    blog :http://bayudadang.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Anonim5/30/2009

    lestari
    menarik juga tentang blog bapak peduli terhadap lingkungan'
    lumayan sulit juga ya pak tugas nya kalau tidak mengerti.tapi mudah-mudahan saya tidak akan menyerah sampai disi saja.
    saya ucapkan terikasih juga kepada bapak karena dengan adanya tugas dari bapak saya sudah memiliki email,blog,dan yang lagi hangat nya sekarang ini di dunia internet yaitu facebook.
    mudah-mudahan semu ini ada mamfaat nya bagi saya dan tidak cuma tahu tapi juga dapat menggunakan nya
    nama bayu dadang
    email :bayudadang@yahoo.co.id
    blog :http://bayudadang.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Anonim5/31/2009

    selamat malam pakde ni ikmal dr kls ti 08-08

    BalasHapus
  15. sepohon kayu adalah tiang kehidupan bagi manusia yang mengerti apa arti kehidupan...nek coyo..!!!!!.

    BalasHapus
  16. pakde sekali lg saya menilai blog bapak bagus sekali.




    blog :http://mhdikmal.blogspot.com

    BalasHapus
  17. selamat pagi pakde neh asrul ingin mengatakan bahwa blog bapak memotovasi saya ingin mencintai alam sekian dari saya semoga bapak selalu sukses.

    alamat blog
    http://asrulalam.blogspot.com

    BalasHapus
  18. good lucK..........!

    BalasHapus
  19. selamat pagi pakde ni jandri elfiter savarius silalahi dr kls tik 08-08 ingin mengomentari tentang blog bapak,bagus dan lucu-lucu.


    alamat blog:
    http://janrielfitersavariussilalahi.bogspot.com

    BalasHapus
  20. pak pemandangannya bagus.
    alamat blog:
    ferryan-dragon

    BalasHapus
  21. sorry pak ada yang ketinggalan
    ne alamat blognya.

    aleebagoes.blogspot.com

    BalasHapus
  22. selamat sore pakde ...
    saya sangat puas melihat blog bapak.

    alamat blog saya

    http://sahrikaika.blogspot.com

    BalasHapus
  23. pak ni saya lily andriani

    pak ni alamat blog saya

    http://liliandriani_aries blog spot

    BalasHapus
  24. pak saya wanda, saya lupa klw semalam saya belum mencantumkan alamat blog nya pak,

    ni alamat nya pak
    http://marwandapratama blogspot.com

    BalasHapus
  25. selamat sore pakde...
    ni sahdiana munthe klsti 08-08


    blog http://wanita_komputer.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. selamat malam pak.apa kabar,
    jujur saja saya kagum dengan blog bapak tsb,sekiranya bapak mau,boleh enggak saya copy

    BalasHapus
  28. selamat malam pak dedi....
    setelah saya melihat dan mengamati isi blog bapak saya merasa bangga memiliki dosen seperti bapak dan saya juga merasa betapa pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan sekitar kita. jadi pak, menurut saya blog anda ini sangat berarti bagi kami khususnya saya.
    sekian dan terima kasih....

    BalasHapus
  29. dari sekian banyak gambar,cerita dari profil yang ada diblog bapak,saya masliadi kesuma sangat terinspirasi dari cerita bapak yang mengikuti cara pengambilan foto melalui kamera handphone.saya jadi tertarik dari cerita bapak.
    pak......bolehkah saya belajar untuk mengerti pengambilan fhoto dengan cara penggunaan cahaya yang sebenarnya..?
    terng z pak ya....
    saya hoby dalam hal foto memfoto,pa lagi saya kepingin menjadi seorang yang gemar untuk menjadikan hasil foto itu menjadi yang sempurna dan menjadikan itu sebuah karya seni yang bermutu.
    selanjutnya tentang bapak menunjukkan foto2 yang berada dihutan dan kata2 yang membuat saya ingin menjadi anggota amapala yang melindungi lingkungan sehingga berguna bagi umat manusia.
    demikianlah permohonan dan komentar saya kepada bapak agar bapak dapat memakluminya.
    terima kasih....
    good lucky to you my dosen.

    BalasHapus
  30. Anonim6/03/2009

    itu semua belum extrim buat saya. terima kasih

    BalasHapus
  31. itu semua belum extrim buat saya.trima kasih

    BalasHapus
  32. itu semua belum extrim buat saya. trima kasih.

    BalasHapus
  33. selamat siang pakde ini saya siti aisya dari kelas D3 08-08 T.I

    alamat blog
    http://icacutek.blogspot.com

    BalasHapus
  34. selamat siang pakde saya sahdiana
    dari kelas 08-08 T.I

    alamat blog
    http://Wanita-komputer.blogspot.com

    BalasHapus
  35. selamat siang pakde ini nuraisya
    dari kelas 08-08 T.I

    alamat blo
    http://bunga-nurasya01.blogspot.com

    BalasHapus
  36. selamat siang pak Dedi saya juliyanto dari kelas 08-08 T.I

    Alamat blog saya
    http://juliyant007.blogspot.com

    BalasHapus
  37. selamat siang pakde saya marwanda pratama

    alamat blog saya
    http://marwandapratama.blogspot.com

    BalasHapus
  38. .............malam pak de............
    pak mengapa kalu kita ingin merubah jati diri kita harus bergabung atau sehati dengan alam pa tidak ada cara lain lagi.




    pak ni alamat blog saya http//www.denisahputra.blogspot.com

    ........selamat ya pak.............


    mudah-mudahan aja blog bapak bermnfaat bagi kami orang yang melihatnya

    BalasHapus
  39. Met pagi pak de ni blog ade, semalaman lho ngerjainnya, capek banget, tolong pakjangan di sia-siain
    http://petualang-permen.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. halo pak ini wali ridho TIK 08-08 PAK 2009 INI CRITANYA LEBIH MENARIK LAGI YA PAK BIAR ASYK..............HE HE

    BalasHapus
  41. hai pak ini wilman susanto
    pak foto bapak kren abis 2009 foto nya lebih banyak lagi ya pak kaluu bisa foto aku ya pak dimasukin ha ha

    BalasHapus
  42. selamat pagi pakde
    ni devi dr kls tik 08-08
    komentar saya tentang logika saya senang sekali.pengetahuan saya semakin berkembang,tentang logika dan internet..............

    blog
    http://Devigirl-puisi.blogspot.com

    BalasHapus
  43. pagi pakde ni sahrika dari kls tik 08-08 imgin berkomentar tentang blog bapak .saya melihat blog bapak sangat bagus

    blog
    http://sahrikaika.blogspot.com

    BalasHapus
  44. maaf ya pak telat, nama saya Putra ariensyah Sibarani kls tik-0808

    BalasHapus
  45. Terima kasih telah banyak mengajarkan tentang logika
    http//solyamaha.blogspot.com

    BalasHapus
  46. Terima kasih telah banyak mengajarkan tentang logika
    http//solyamaha.blogspot.com

    BalasHapus
  47. pak ini kosmas pak poto bapak tampan kali bah, pak kalau bisa foto bapak di perbanyak kalau bisa foto saya juga ya pak..........

    BalasHapus
  48. sAYA PUAS DENGAN PELAJARAN BAPAK BANYAK HAL YANG SAYA TAU
    HTTP//SOLYAMAHA.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  49. pak knapa judul blog bapak kembara.pa karena bapak suka dengan pertualangan itu.



    pak ini eky widiyah padma sari
    kelas TIK-0710
    dan ini alamat blog saya
    http//ekypadma-sari.blogspot.com

    BalasHapus
  50. pak ilmu apa yang bisa menjadikan jati diri kita yang baik


    pak ini juprianto
    alamat blog saya adalah
    http//jupriantoe.blogspot.com


    da ya pak semoga mangkin ganteng aja
    .............. he he he..............

    BalasHapus
  51. pak ne saya windi amanda
    kls 0711
    komentar saya tentang blog bapak,blog bapak bagus dan isinya menarik,saya jadi tertarik untuk bergabung dalam blog bapak,tapi saya masih kurang paham mengenai blog,saya pengen belajar dengan bapak tentang blog ini.setelah saya baca isi blok bapak menceritakan tentang alam.hati saya jadi tergugah,saya ingin bebas dialam yang luas ini.terimakasih pak.............


    pak ini alamat blog saya:
    http://wendyamanda.blogspot.com
    sekali lagi terima kasih.........................

    BalasHapus